Demi Tuan Rumah Olimpiade 2032, KOI Berangkat ke Swiss pada Januari 2021
Posted on: December 7, 2020 Posted by: Jose Sanders Comments: 0

Demi Tuan Rumah Olimpiade 2032, KOI Berangkat ke Swiss pada Januari 2021

JAKARTA – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memiliki agenda untuk mengujungi markas Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Lausanne, Swiss. Hal ini dilakukan sebagai cara penguatan langkah Indonesia dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032.

“Ada rencana pada Januari nanti Ketua Umum NOC Indonesia (Raja Sapta Oktohari) akan datang ke sana (Swiss), ” sebutan Sekretaris Jenderal KOI Ferry Kono.

“Tapi kami masih melihat kalender dan jadwal Thomas Bach juga, ” ujar dia menambahkan.

Menurut Ferry, kunjungan pokok itu cukup penting untuk menunjukkan langkah-langkah selanjutnya yang perlu dikerjakan. Pertemuan tersebut juga akan menjadi catatan tim untuk mulai bekerja dalam mempersiapkan proses bidding.

Apabila sudah bertemu dengan IOC, maka KOI dan komisi khusus selanjutnya dapat mulai menyusun road map serta strategi pemenangan bidding.

Namun KOI saat ini masih menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait pendirian panitia pencalonan Indonesia untuk Olimpiade 2032. Ia mengharapkan draf Keppres itu bisa selesai akhir tarikh ini agar dapat segera diedarkan kepada kementerian dan lembaga terpaut.

Baca juga  KOI Tak Takut Resesi Bakal Halangi Target Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

KOI menyadari bahwa tantangan untuk memenangkan bidding sangat besar karena para pesaing datang dari negara-negara luhur dan maju, seperti Australia, Jerman, Spanyol, dan Qatar.

Namun KOI juga optimistis bahwa Indonesia merupakan kandidat yang berpengaruh untuk memenangkannya karena jika melihat pada penyelenggaraan sebelumnya, sebagian negeri pesaing sudah pernah menjadi majikan rumah pesta olahraga terakbar sedunia itu.

Categories: