Honda Pilih Tinggalkan F1 pada Akhir 2021, Bagaimana dengan MotoGP?
Posted on: October 5, 2020 Posted by: Jose Sanders Comments: 0

Honda Pilih Tinggalkan F1 pada Akhir 2021, Bagaimana dengan MotoGP?

KABAR yang cukup mengejutkan hadir dari ajang Formula One (F1). Honda sebagai salah satu pemasok mesin secara resmi memutuskan tertinggal dari pentas F1 mulai simpulan musim 2021. Keputusan ini kendati meninggalkan pertanyaan terkait kiprah Honda di ajang balap lainnya, serupa MotoGP.

Honda selama ini diketahui memegang peranan penting di pentas F1, di mana mereka menjadi pemasok mesin buat sejumlah tim. Karena itu, kesimpulan mundurnya Honda membuat sejumlah awak, yakni Red Bull dan Alpha Tauri, yang mendapat pasokan instrumen selama ini menjadi sangat kesal.

Kedua tim itu harus mencari pemasok mesin baru untuk hamparan F1 2022. Padahal, lewat kerja samanya dengan Honda, hasil cantik bisa diraih dua tim itu. Bahkan, Red Bull lewat pengejawantahan Max Verstappen bisa bersaing memperebutkan gelar juara.

BACA JUGA: Red Bull Kecewa Honda Cabut dari F1 dalam 2021

“Fokus bersama kami untuk sisa musim 2020 dan 2021 tidak hendak berubah. Sebagai sebuah grup, beta sekarang akan meluangkan waktu yang diberikan kepada kami untuk mengevaluasi lebih lanjut dan menemukan solusi unit daya paling kompetitif untuk 2022 dan seterusnya, ” ujar Manajer Tim Red Bull, Christian Horner, sebagaimana dikutip dari laman resmi F1, Senin (5/10/2020).

Honda sendiri telah membeberkan penyebab mundur dari pentas F1. Pihak Honda mengatakan bahwa keputusan mereka meninggalkan ajang F1 adalah hasil tranformasi industri mobil dari mesin pembakaran internal.

Pabrikan asal Jepang itu meminta tengah mengejar netralisasi karbon di 2050. Hal itu siap dicapai lewat unit masa depan dan teknologi energi, termasuk kendaraan berbahan bakar sel dan teknologi aki.

Categories: