Jokowi Minta Menpora Siapkan Roadmap Pencalonan Tuan Rumah Olimpiade 2032
Posted on: November 4, 2020 Posted by: Jose Sanders Comments: 0

Jokowi Minta Menpora Siapkan Roadmap Pencalonan Tuan Rumah Olimpiade 2032

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pemuda serta Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyiapkan peta jalan atau roadmap pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032.

“Saya minta roadmap pencalonan kita untuk tuan rumah 2032 betul-betul disiapkan dengan baik berdasarkan timeline yang telah ditetapkan IOC (Komite Olimpiade Internasional), ” ujarnya dalam rapat terbatas secara virtual dari Istana Langgas, Jakarta, Rabu (4/11/2020).

Menurut Jokowi, penentuan rumah olimpiade 2032 akan ditetapkan pada 2024 dan jalan seleksi dimulai selambat-lambatnya di 2023. “Ini yang perlu saya kira roadmapnya perlu disiapkan, ” imbuhnya.

Jokowi mendapat masukan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) tentang penetapan norma baru buat tuan rumah yang menyelenggarakan perhelatan tersebut, harus secara sederhana & hemat biaya.

BACA JUGA: Indonesia Calonkan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032, Jokowi: Bukan Buat Gagah-gagahan

“Saya kira tersebut baik dan norma baru tersebut penting untuk dipelajari dan diadaptasi. Dan kelihatannya filosofi yang pertama ini, olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan gebyar kemewahan tetapi sekitar mana kreatifitas inovasi itu bisa dilakukan dalam mengimplementasikan norma hangat yang diharapkan lebih hemat imbalan dan lebih sederhana, ” pungkasnya.

(mrh)

Categories: